Kamis, 30 Oktober 2014

PTK 2007



PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA DUA GARIS SERTA BESAR DAN JENIS SUDUT PADA PESERTADIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 2 GATAK
 KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II
 TAHUN PELAJARAN 2006/2007



 











Penelitian Tindakan Kelas
Disusun Dalam Rangka:
Usul Kenaikan Pangkat Dari Golongan IV/a ke IV/ b
Atas Nama Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP: 131577175



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GATAK
KABUPATEN SUKOHARJO
2007


 198403 1 007

HALAMAN PENGESAHAN

Judul :
Penggunaan Alat Peraga Untuk Menentukan Hubungan Antara Dua Garis Serta Besar Dan Jenis Sudut Pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Semester II
 Tahun Pelajaran 2006/2007

Peneliti

Nama                              : Petrus Chanel Mulyono, SP.d

NIP                                : 131577175

Golongan                       : IV/ a

Unit Kerja                      : SMP Negeri 2 Gatak

Lokasi Penelitian            : SMP Negeri 2 Gatak

Lama Penelitian             : 3 Bulan





Kepala SMP Negeri 2 Gatak
Kabupaten Sukoharjo





Drs. S u w a r t o
NIP 131667036

Gatak, 30 Maret 2007
Petugas Perpustakaan
SMP Negeri 2 Gatak





Titik Handayani,S.Pd
NIP.131096561
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo



Djoko Raino S,M.Si.
NIP 196112
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa karya ilmiah dengan judul: “PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA DUA GARIS SERTA BESAR DAN JENIS SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2006/2007 adalah hasil karya saya. Pada karya  ilmiah ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang saya akui sebagai tulisan saya sendiri, dan atau keseluruhan tulisan yang saya salin atau saya ambil dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan penulis dari sumber aslinya. Semua isi dari karya ilmiah ini menjadi tanggung jawab Saya sebagai Penulis.

 

 

 

Sukoharjo , 30 Maret 2007

 

 

Petrus Chanel Mulyono,SPd.

 


KATA PENGANTAR

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: “PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA DUA GARIS SERTA BESAR DAN JENIS SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2006/2007dapat terselesaikan dengan baik.
Terselesaikannya penulisan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Bapak Drs.Suwarto selaku kepala SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo yang telah memberikan motivasi dan dukungan .
2.      Seluruh staf guru dan karyawan yang telah membantu penulis.
3.      Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Semoga laporan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan guru-guru pada khususnya.

 

Sukoharjo , 30 Maret 2007


 

Petrus Chanel Mulyono,SPd.

 


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ....................................................................................       i    
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................      ii
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.......................................     iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................           iv
DAFTAR ISI ................................................................................................      v
DAFTAR TABEL .........................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.....................................................................................   viii
BAB I      PENDAHULUAN........................................................................      1    
A.    Latar Belakang Masalah .........................................................      1    
B.     Identifikasi Masalah ...............................................................      4
C.     Pembatasan Masalah................................................................      5
D.    Rumusan Masalah ...................................................................      5
E.     Tujuan Penelitian ....................................................................      6
F.      Manfaat penelitian ..................................................................      6
BAB II     KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS..................      7
A.    Kajian Teori.............................................................................      7
1.      Pembelajaran Matematika .................................................      7
2.      Alat Peraga Pendidikan ....................................................    10
3.      Motivasi Belajar  ...............................................................    12
4.      Garis dan Sudut.................................................................    25
B.     Kerangka Pemikiran................................................................    29
C.     Hipotesis Penelitian  ...............................................................    30

BAB III   METODOLOGI  PENELITIAN..................................................    31
                 A. Setting Penelitian .....................................................................    31
B. Subjek Penelitian .....................................................................    33
C. Sumber Data ............................................................................    33
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data........................................    35
E  Analisis Data.............................................................................    36
F.  Validitas Data .........................................................................    37
G.  Indikator Kinerja.....................................................................    38
H. Prosedur Penelitian ..................................................................    39
BAB IV   HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.........................    44
A.    Deskripsi Kondisi Awal.........................................................    44
B.     Deskripsi Siklus I....................................................................    45
C.     Deskripsi Siklus II..................................................................    48
D.    Deskripsi Tiap Siklus dan Antar Siklus..................................    51
BAB V     PENUTUP ....................................................................................    53
A.    Simpulan.................................................................................    53
B.     Implikasi.................................................................................    54
C.     Saran.......................................................................................    54

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................    55
LAMPIRAN..................................................................................................    57


 DAFTAR TABEL

Tabel 3.1.    Alokasi  Waktu Penelitian..........................................................    36
Tabel 3.2.    Indikator Keberhasilan Penelitian...............................................    43
Tabel 4.1.    Hasil Penilaian Kondisi Awal.....................................................    48
Tabel 4.2.    Hasil Penilaian Siklus I...............................................................    51
Tabel 4.3.    Hasil Penilaian Siklus II..............................................................    54
















DAFTAR GAMBAR



Gambar 2.1. Contoh gambaran relief bentuk muka bumi dalam bentuk tiga dimensi dibuat dari peta kontur...................................................................................................    20

Gambar 2.2. Simbol waduk dan rawa............................................................    23
Gambar 2.3. Penggambaran sungai di peta umum, topografi dan kontur......    23
Gambar 2.4. Peta Pulau Bali...........................................................................    26
Gambar 2.5. Keterjalan Lereng pada Peta Kontur.........................................    29
Gambar 2.6.Gambar Kontur yang Sejajar pada Kemiringan Lereng Seragam           29

Gambar 2.7.Gambar Kontur yang Sejajar pada Kemiringan Lereng Cekung    29

Gambar 2.8.Gambar Kontur yang Sejajar pada Kemiringan Lereng Cekung    29

Gambar   2.9.Bentuk Bukit Berdasarkan Bentuk Kontur..............................    31

Gambar 2.10. Contoh Penggambaran Cekungan Berupa Kaldera Pada Gunung Api                       32

Gambar 2.11. Kerangka Pemikiran Penelitian................................................    33








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang Masalah
Pendidikan pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
setiap manusia karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna
dan mandiri. Selain itu pula pendidikan sangat penting dalam
pembangunan maka tidak salah jika pemerintah senantiasa mengusahakan
untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dari tingkat yang paling
rendah maupun sampai ketingkat perguruan tinggi. Bentuk perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan diwujudkan dalam bentuk perbaikan kurikulum dari tahun ke tahun hingga mulai tahun 2006 muncul KTSP atau Kurikulum 2006 yang merupakan penyempurnaan dari KBK. Dalam KTSP ada beberapa mata pelajaran yang wajib diberikan pada peserta didik salah satunya adalah mata pelajaran matematika.
Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran
yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan merupakan
bagian integral dari pendidikan nasional dan tidak kalah
pentingnya bila dibandingkan dengan ilmu pengetahuan lain. Matematika
juga merupakan ilmu dasar atau “basic science”, yang penerapannya sangat dibutuhkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pembelajaran matematika banyak hal atau faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik dan hal-hal yang sering menghambat untuk tercapainya tujuan belajar. Karena pada dasarnya setiap anak tidak sama cara belajarnya, demikian pula dalam memahami konsep-konsep abstrak. Melalui tingkat belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya maka pendidik yang baik adalah pendidik yang mampu mengajar dengan baik, khususnya ada saat menanamkan konsep baru. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan bantuan pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran yang menggunakan alat peraga khususnya pada bidang studi matematika. Media berperan sebagai  perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga peserta didik tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. 
Penerapan alat peraga pendidikan dalam bidang studi matematika didasari kenyataan bahwa pada bidang studi matematika terdapat banyak pokok bahasan yang memerlukan alat bantu untuk menjabarkannya, diantaranya pada materi menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut. Oleh sebab itu, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam pokok bahasan tersebut dianggap sangat tepat untuk membantu mempermudah peserta didik memahami materinya. Disisi lain suasana belajar akan lebih hidup, dan komunikasi antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin dengan baik. Hal ini diduga pula dapat membantu peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi belajarnya pada bidang studi matematika.
Kenyataan yang ada pada kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007, penggunaan alat peraga di sekolah belum membudaya, dalam arti tidak semua pendidik matematika menggunakan alat peraga dalam mengajar dan hanya menggunakan buku paket sebagai pegangan dalam mengajar. Hal ini disebabkan belum timbul kesadaran akan pentingnya penggunaan alat peraga serta pengaruhnya dalam kegiatan pembelajaran. Pendidik menganggap bahwa penggunaan buku paket lebih sederhana dan tidak memerlukan persiapan yang banyak, hal itu berbeda jika pendidik akan mempergunakan alat peraga maka banyak hal yang harus dipersiapkan pendidik. Akan tetapi berbeda dengan pendapat peserta didik bahwa akan lebih tertarik dalam belajar jika ada media pembelajaran yang berupa alat peraga, selain itu dalam belajar juga akan lebih mudah dipahami.
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo diketahui bahwa alat peraga pendidikan sebagian sudah tersedia akan tetapi tidak semua pendidik menggunakannya. Berkenaan hal tersebut maka penelitian ini merupakan suatu upaya untuk menguji efektivitas pengajaran dengan Penggunaan Alat Peraga Dari Bahan Kertas Kuarto Yang Dibuat Dengan Berbagai Macam Bentuk Segitiga Untuk Menentukan Hubungan Antara Dua Garis Serta Besar Dan Jenis Sudut Pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2006/2007.

B.     Identifikasi Masalah
Kenyataan yang ada pada kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007 bahwa penggunaan alat peraga di sekolah belum membudaya, dalam arti tidak semua pendidik matematika menggunakan alat peraga dalam mengajar dan hanya menggunakan buku paket sebagai pegangan dalam mengajar. Hal ini disebabkan belum timbul kesadaran akan pentingnya penggunaan alat peraga serta pengaruhnya dalam kegiatan pembelajaran. Pendidik menganggap bahwa penggunaan buku paket lebih sederhana dan tidak memerlukan persiapan yang banyak, hal itu berbeda jika pendidik akan mempergunakan alat peraga maka banyak hal yang harus dipersiapkan pendidik. Berdasarkan uraian tersebut maka masalah dalam penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.      Media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan minat peserta didik rendah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga rendah.
2.      Dalam kegiatan pembelajaran secara umum pendidik hanya menggunakan buku pelajaran saja, sehingga peserta didik malas dan jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.      Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran mempermudah peserta didik dalam belajar untuk memahami materi pelajaran matematika.



C.    Pembatasan Masalah
Penelitian tindakan kelas ini dibatasi pada:
1.      Penggunaan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut.
2.      Peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 40  peserta didik.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
1.      Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007?
2.      Bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007?
E.     Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki tujuan yang telah ditetapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.
2.      Untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.
F.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai bahan informasi bagi pendidik matematika di SMP pada umumnya dan khususnya pendidik matematika di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo tentang penggunaan alat peraga pada pengajaran matematika di SMP.
2.      Sebagai bahan masukan bagi SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo agar mengupayakan penyediaan alat peraga untuk membantu peserta didik dalam belajar.
3.      Sebagai bahan informasi bagi peneliti lain yang akan meneliti
hal-hal yang relevan dengan penelitian ini.


BAB II
KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A.    Kajian Teori
1.      Pembelajaran Matematika
Matematika adalah ilmu pengetahuan struktur dan hubungan-hubungannya, simbol-simbol diperlukan, matematika berkenaan dengan ide-ide abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif (Hudoyo,1988: 3). Menurut Nasution dalam (Sugiarto, 1990: 8), bahwa matematika dapat dipandang sebagai suatu ide yang dihasilkan oleh ahli-ahli matematika dan objek penalarannya dapat berupa benda-benda atau
makhluk, atau dapat dibayangkan dalam alam pikiran kita.
Pengertian lain yang dikemukakan oleh Sutrisman dan Tambuan (1987:
2-3) bahwa matematika adalah pengetahuan tentang kuantitas ruang,
salah satu dari sekian banyak cabang ilmu yang sistematis,
terstruktur dan eksak. Berdasarkan uraian-uraian di atas tentang pengertian matematika dapat disimpulkan bahwa matematika adalah merupakan kumpulan ide-ide yang bersifat abstrak, dengan struktur-struktur deduktif, mempunyai peran yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.



Beberapa ahli dalam dunia pendidikan memberikan definisi belajar secara berbeda, namun pada prinsipnya mempunyai maksud yang sama, seperti yang dinyatakan oleh Hamalik (1993 : 40) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan dan perubahan dalam diri
peserta didikyang nyata serta latihan yang kontinu, perubahan dari tidak
tahu menjadi tahu.  Selanjutnya Anwar (1990 : 98) mengemukakan bahwa belajar adalah setiap perubahan dari setiap tingkah laku yang merupakan
pendewasaaan/pematangan atau yang disebabkan oleh suatu kondisi dari
organisme. Berdasarkan pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan proses individu peserta didik dalam interaksinya dengan lingkungan, sehingga menyebabkan terjadinya proses tingkah laku
sebagai akibat dari pengalaman dan hasil interaksi dengan lingkungan
tersebut. Dalam proses belajar mengajar matematika, seorang peserta didik tidak dapat mengetahui jenjang yang lebih tinggi tanpa melalui dasar atau hal-hal yang merupakan prasyarat dalam kelanjutan program pengajaran
selanjutnya. Untuk mempelajari matematika dituntut kesiapan peserta didik dalam menerima pelajaran, kesiapan yang dimaksud adalah kematangan intelektual dan pengalaman belajar yang telah dimiliki oleh anak, sehingga hasil belajar lebih bermakna bagi peserta didik.



Hudoyo (1988 : 4) berpendapat bahwa “belajar matematika yang
terputus-putus akan mengganggu proses belajar“. Pendapat
serupa dikemukakan Russeffendi (1988 : 25) bahwa belajar matematika
bagi seorang anak merupakan proses yang kontinyu sehingga diperlukan
pengetahuan dan pengertian dasar matematika yang baik pada permukaan
belajar untuk belajar selanjutnya. Dari pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses belajar matematika haruslah diawali dengan mempelajari konsep-konsep yang lebih mendalam dengan menggunakan konsep-konsep sebelumnya atau dengan kata lain bahwa proses belajar matematika adalah suatu rangkaian kegiatan belajar mengajar dalam interaksi hubungan timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang berlangsung dalam lingkungan yang ada disekitarnya untuk mencapai tujuan tertentu.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan pendidik yang berlangsung dalam situasi edukatif dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam proses mengajar matematika terdapat adanya suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan antara pendidik yang mengajar dan peserta didik yang belajar. Seperti diungkapkan Usman (1995 : 5) bahwa proses mengajar dikatakan sukses apabila anak-anak dapat mengemukakan apa yang dipelajarinya dengan bebas serta penuh kepercayaan berbagai situasi dalam hidupnya.
Nasution (2003 : 54) berpendapat bahwa proses mengajar adalah suatu
aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan
menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar.
Berdasarkan pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa
proses mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasikan lingkungan
dalam lingkungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran sehingga
menimbulkan terjadinya proses belajar yang menyenangkan pada diri
peserta didik, jadi yang akan menentukan keberhasilan suatu pross mengajar adalah pengajar itu sendiri.

2.      Alat Peraga Pendidikan
Menurut Nasution (2003: 100) “alat peraga adalah alat pembantu dalam mengajar agar efektif”. Pendapat lain dari pengertian
alat peraga atau Audio-Visual Aids (AVA) adalah media yang
pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran (Suhardi, 1978:
11). Sejalan dengan itu Sumadi (1972: 4) mengemukakan bahwa alat
peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang
dapat diamati melalui panca indera.  Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan yaitu alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif. Hal ini sesuai dengan pendapat Amir Hamzah (1981: 11) bahwa “media  pendidikan adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif”. Sedangkan yang dimaksud dengan alat peraga menurut Nasution (2003: 95) adalah “alat bantu dalam mengajar lebih efektif”.
Berdasarkan  uraian-uraian di atas jelaslah bahwa media atau alat bantu mengajar adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut kurikulum (Anonim, 1991: 26) peranan alat peraga disebutkan sebagai berikut: (a) alat peraga dapat membuat pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar peserta didik, (b) alat peraga memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana para peserta didik  belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu, (c) alat peraga memungkinkan belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas, (d) alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis
dan teratur.
Teori lain yang mengatakan bahwa alat peraga dalam pengajaran dapat bermanfaat sebagai berikut: (a) meletakkan dasar-dasar yang kuat untuk berpikir sehingga mengurangi verbalisme, (b) dapat memperbesar perhatian peserta didik, (c) meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, sehingga belajar akan lebih mantap (Hamalik, 1997: 40). Dengan melihat peranan alat peraga dalam pengajaran maka pelajaran matematika merupakan pelajaran yang paling membutuhkan alat peraga, karena pada pelajaran ini peserta didik berangkat dari yang abstrak yang akan diterjemahkan kesesuatu yang konkrit. Menurut  Natawidjaja, (1997:25) dalam  pembelajaran matematika  alat  peraga  sangat  perlu  karena memiliki nilai praktis antara lain :
a.  Mampu mengatasi keterbatasan perbedaan pengalaman pribadi peserta didik.
b.  Mampu mengatasi keterbatasan ruang kelas.
c.  Mampu mengatasi keterbatasan ukuran benda.
d.  Mampu mengatasi keterbatasan kecepatan gerak benda.  
e.  Mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik.
f.  Mampu mempengaruhi daya abstraksi peserta didik.
g.  Memungkinkan pembelajaran bervariasi.
3.      Motivasi Belajar
Pengertian motivasi menurut Sardiman A.M (1996:75) adalah “Serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu”. Sedangkan Purwanto (1995:73) mengemukakan bahwa “Motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan menjaga tingkah laku seseorang agar terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu”. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah usaha yang disadari yang mendorong seseorang untuk bertingkah laku agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi.

Pengertian motivasi yang dikaitkan dengan kegiatan belajar menurut Winkel (1996:150) adalah bahwa “Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dari dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan”. Motivasi belajar memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan semangat dalam belajar, sehingga peserta didik yang memiliki motivasi kuat akan memiliki semangat pula untuk melakukan kegiatan belajar.
Menurut Sardiman A.M (1996:82), ada beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki motivasi belajar yang kuat, yaitu:
a.       Tekun menghadapi tugas .
b.      Ulet menghadapi kesulitan.
c.       Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah.
d.      Lebih senang bekerja mandiri.
e.       Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin.
f.       Dapat mempertahankan pendapatnya.
g.      Tidak mudah melepaskan hal-hal yang diyakini itu.
h.      Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
Fungsi motivasi belajar menurut Hamalik (2003:161) adalah sebagai berikut:
a.       Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. Tanpa motivasi maka tidak akan timbul sesuatu perbuatan seperti belajar.
b.      Motivasi berfungsi sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan kepencapaian tujuan yang diinginkan.
c.       Motivasi berfungsi sebagi penggerak. Ia berfungsi sebagai mesin bagi mobil. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.
Prinsip-prinsip motivasi belajar menurut Kenneth H. Hover dalam Hamalik (2003:163) adalah sebagai berikut:
a.       Pujian lebih efektif dari pada hukuman. Hukuman bersifat menghentikan suatu perbuatan, sedangkan pujian bersifat menghargai apa yang telah dilakukan. Karena itu pujian lebih besar nilainya bagi motivasi belajar murid.
b.      Semua murid mempunyai kebutuhan-kebutuhan psikologis (yang bersifat dasar) tertentu yang harus mendapat kepuasan. Kebutuhan-kebutuhan itu menyatakan diri dalam berbagai bentuk yang berbeda. Murid-murid yang dapat memenuhi kebutuhannya secara efektif melalui kegiatan-kegiatan belajar hanya memerlukan sedikit bantuan di dalam motivasi dan disiplin.
c.        Motivasi yang berasal dari dalam individu lebih efektif dari pada motivasi yang dipaksakan dari luar. Sebabnya ialah karena kepuasan yang diperoleh oleh individu itu sesuai dengan ukuran yang ada di dalam diri murid sendiri.
d.      Terhadap jawaban (perbuatan) yang serasi (sesuai dengan keinginan) perlu diadakan usaha pemantauan (reinforcement). Apabila sesuatu perbuatan belajar mencapai tujuan maka terhadap perbuatan itu perlu segera diulang kembali setelah beberapa menit kemudian, sehingga hasilnya lebih mantap. Pemantapan itu perlu dilakukan dalam setiap tingkatan pengalaman belajar.
e.       Motivasi itu mudah menjalar atau tersebar terhadap orang lain. Guru yang berminat tinggi dan antusias pula. Demikian murid yang antusias akan mendorong motivasi murid-murid lainnya.
f.       Pemahaman yang jelas terhadap tujuan-tujuan akan merangsang motivasi. Apabila seseorang telah menyadari tujuan yang hendak dicapainya maka perbuatannya ke arah itu akan lebih besar daya dorongannya.
g.      Tugas-tugas yang dibebankan oleh diri sendiri akan menimbulkan minat yang lebih besar untuk mengerjakannya dari pada apabila tugas-tugas itu dipaksakan oleh guru. Apabila murid diberi kesempatan menemukan masalah sendiri dan memecahkannya sendiri maka akan mengembangkan motivasi dan disiplin lebih baik.
h.      Pujian-pujian yang datangnya dari luar (external reward) kadang-kadang diperlukan dan cukup efektif untuk merangsang minat yang sebenarnya. Berkat dorongan orang lain, misalnya untuk memperoleh angka yang tinggi maka murid akan berusah lebih giat karena minatnya menjadi lebih besar.
i.        Teknik dan proses mengajar yang bermacam-macam adalah efektif untuk memelihara minat murid. Cara mengajar yang bervariasi ini akan menimbulkan situasi belajar yang menantang, dan menyenangkan seperti halnya bermain dengan alat permainan yang berlainan.
j.        Manfaat minat yang telah  dimiliki oleh murid adalah bersifat ekonomis. Minat khusus yang telah dimiliki oleh murid, minatnya bermain bola basket, akan mudah ditransferkan kepada minat dalam bidang studi atau dihubungkan dengan masalah tertentu dalam bidang studi.
k.      Kegiatan-kegiatan yang akan dapat merangsang minat murid-murid yang kurang mungkin tidak ada artinya (kurang berharga) bagi para peserta didik yang tergolong pandai. Hal ini disebabkan karena berbedanya tingkat abilitas di kalangan siswa. Karena itu, guru yang hendak membangkitkan minat murid-muridnya supaya menyesuaikan usahanya dengan kondisi-kondisi yang ada pada mereka.
l.        Kecemasan yang besar akan menimbulkan kesulitan yang besar. Kecemasan ini akan mengganggu perbuatan belajar siswa, sebab akan mengakibatkan pindahnya perhatiannya pada hal-hal lain, sehingga belajarnya menjadi tidak efektif.
m.    Kecemasan dan frustasi yang lemah dapat membantu belajar, dapat juga lebih baik. Keadaan emosi yang lemah dapat menimbulkan perbedaan yang lebih energik, kelakuan yang lebih hebat.
n.      Apabila tugas tidak terlalu sukar dan apabila tidak ada maka frustasi secara cepat menuju ke demoralisasi. Karena terlalu sulitnya tugas itu maka akan menyebabkan murid-murid melakukan hal-hal yang tidak wajar sebagai manifestasi dari frustasi yang terkandung di dalam dirinya.
o.      Setiap murid mempunyai tingkat-tingkat frustasi toleransi yang berlainan. Ada murid yang karena kegagalannya justru menimbulkan incentive tetapi ada peserta didik yang selalu berhasil malahan menjadi cemas terhadap kemungkinan timbulnya kegagalan, misalnya tergantung pada stabilitas emosinya masing-masing.
p.      Tekanan kelompok murid (peer grup) kebanyakan lebih efektif dalam motivasi dari pada tekanan/paksaan orang dewasa. Para peserta didik (terutama para adolesent) sedang mencari kebebasan dari orang dewasa, ia menempatkan hubungan peer lebih tinggi. Peserta didik bersedia melakukan apa yang akan dilakukan oleh peer grupnya dan demikian sebaliknya. Karena itu kalau guru hendak membimbing murid-murid belajar maka arahkanlah anggota-anggota kelompok itu kepada nilai-nilai belajar, baru murid tersebut akan belajar dengan baik.
q.      Motivasi yang besar erat hubungannya dengan kreatifitas murid. Dengan teknik mengajar yang tertentu motivasi murid-murid dapat ditujukan kepada kegiatan-kegiatan kreatif. Motivasi yang telah dimiliki oleh murid apabila diberi semacam penghalang seperti adanya ujian yang mendadak, peraturan-peraturan sekolah, dan lain-lain maka kegiatan kreatifnya akan timbul sehingga ia lolos dari penghalang tadi.

Ada beberapa ahli yang membedakan jenis motivasi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a.       Motivasi intrinsik
         Hamalik (2003:162) mengemukakan bahwa “Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercakup di dalam situasi belajar dan menemui kebutuhan dan tujuan-tujuan murid”. Sardiman A.M (1996:88) menyatakan bahwa “Motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar seseorang, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri siswa.
 Motivasi ini sering juga disebut motivasi murni. Motivasi yang sebenarnya yang timbul dalam diri peserta didik sendiri, misalnya keinginan untuk mendapatkan ketrampilan tertentu, memperoleh informasi dan pengertian, mengembangkan sikap untuk berhasil, menyenangi kehidupan, menyadari sumbangannya terhadap usaha kelompok, keinginan diterima orang lain dan lain sebagainya. Motivasi ini timbul tanpa ada pengaruh dari luar dan bersifat riil atau motivasi yang sesungguhnya.
Purwanto (1990:65) mengemukakan bahwa “Dorongan belajar yang paling baik terutama adalah motivasi intrinsik. Begitu pula Hamalik (2003:168) mengemukakan bahwa “…namun yang lebih penting ialah motivasi yang timbul dari dalam diri murid sendiri seperti dorongan kebutuhan, kesadaran akan tujuan, dan juga pribadi guru sendiri merupakan contoh yang dapat merangsang motivasi mereka”.
Motivasi intrinsik perlu ditumbuhkan pada diri peserta didik agar timbul kegiatan belajar atas keinginan sendiri, tidak karena hal-hal seperti hadiah, pujian, atau takut dimarahi guru ataupun orang tua, agar peserta didik dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.
b.      Motivasi ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul oleh rangsangan dari luar diri seseorang, dan biasanya oleh orang lain. Motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya perangsang dari luar (Sardiman A.M, 2001:89). Adanya dorongan terhadap perilaku seseorang yang ada di luar perbuatan yang dilakukannya. Orang berbuat sesuatu, karena dorongan dari luar seperti adanya hadiah dan menghindari hukuman (Dimyati dan Mudjiono, 1999:91). Dengan kata lain motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar individu yang dapat berupa hadiah, pujian ataupun hukuman.
Motivasi belajar ekstrinsik marupkan kegiatan belajar  yang dimulai dan diteruskan berdasarkan kebutuhan dan dorongan yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar sendiri. Sebagaimana pendapat Winkel (1996:174), yang tergolong bentuk motivasi belajar ekstrinsik antara lain:

1)      Belajar demi memenuhi kebutuhan.
2)      Belajar demi menghindari hukuman yang diancamkan.
3)      Belajar demi memperoleh hadiah material yang dijanjikan.
4)      Belajar demi meningkatkan gengsi sosial.
5)      Belajar demi memperoleh pujian dari orang yang penting, misalkan orang tua, guru.
6)      Belajar demi tuntutan jabatan yang ingin dipegang atau demi memenuhi persyaratan kenaikan jenjang atau golongan administratif.
Pendidik dapat menggunakan berbagai cara untuk menggerakkan atau membangkitkan motivasi belajar siswanya, menurut Hamalik (2003:166) cara tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Memberi angka
Umumnya setiap peserta didik ingin mengetahui hasil pekerjaannya, yakni berupa angka yang diberikan oleh guru. Murid yang mendapat angkanya baik, akan mendorong motivasi belajarnya menjadi lebih besar, sebaliknya murid yang mendapat angka kurang, mungkin menimbulkan frustasi atau dapat juga menjadi pendorong agar belajar lebih baik.
b.      Pujian
Pemberian pujian kepada murid atas hal-hal yang telah dilakukan dengan berhasil besar manfaatnya sebagai pendorong belajar. Pujian menimbulkan rasa puas dan senang.
c.       Hadiah
Cara ini juga dilakukan oleh guru dalam batas-batas tertentu, misalnya pemberian hadiah pada akhir tahun kepada para peserta didik yang mendapat atau menunjukkan hasil belajar yang baik, memberikan hadiah bagi para pemenang sayembara atau pertandingan olahraga.
d.      Kerja kelompok
Dalam kerja kelompok dimana melakukan kerjasama dalam belajar, setiap anggota kelompok menjadi pendorong yang kuat dalam perbuatan belajar.
e.       Persaingan
Baik kerja kelompok maupun persaingan memberikan motif-motif sosial kepada murid. Hanya saja persaingan individual akan menimbulkan pengaruh yang tidak baik, seperti rusaknya hubungan persahabatan, perkelahian, pertentangan, persaingan antar kelompok belajar.
f.       Tujuan dan level of aspiration
                  Dari keluarga akan mendorong kegiatan siswa.
g.      Sarkasme
Sarkasme ialah dengan jalan mengajak para peserta didik yang mendapat hasil belajar yang kurang. Dalam batas-batas tertentu sarkasme dapat mendorong kegiatan belajar demi nama baiknya, tetapi di pihak lain dapat menimbulkan sebaliknya, karena peserta didik merasa dirinya dihina, sehingga memungkinkan timbulnya konflik antara murid dan guru.
h.      Penilaian
Penilaian secara kontinyu akan mendorong murid-murid belajar, oleh karena setiap anak memiliki kecenderungan untuk memperoleh hasil yang baik. Di samping itu, para peserta didik selalu berpendapat tantangan dan masalah yang harus dihadapi dan dipecahkan, sehingga mendorongnya belajar lebih teliti dan seksama.
i.        Karyawisata dan ekskursi
Cara ini dapat membangkitkan motivasi belajar oleh karena dalam kegiatan ini akan mendapat pengalaman langsung dan bermakna baginya. Selain dari itu, karena objek yang akan dikunjungi adalah objek yang menarik minatnya. Suasana bebas, lepas dan keterikatan ruangan kelas besar manfaatnya untuk menghilangkan ketegangan-ketegangan yang ada, sehingga kegiatan belajar dapat dilakukan lebih menyenangkan.
j.        Film pendidikan
Setiap peserta didik merasa senang menonton film. Gambaran dan isi cerita film lebih menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Para peserta didik mendapat pengalaman baru yang merupakan suatu unit cerita yang bermakna.



k.      Belajar melalui radio
Mendengarkan radio lebih menghasilkan daripada mendengarkan ceramah guru. Radio adalah alat yng penting untuk mendorong motivasi belajar murid. Kendatipun demikian, radio tidak mungkin dapat menggantikan kedudukan guru dalam mengajar. Masih banyak cara yang dapat digunakan oleh guru untuk membangkitkan dan memelihara motivasi belajar murid. Namun yang lebih penting ialah motivasi yang timbul dari dalam diri murid sendiri seperti dorongan kebutuhan, kesadaran akan tujuan, dan juga pribadi guru sendiri merupakan contoh yang dapat merangsang motivasi mereka.
4.      Garis Dan Sudut
Seorang tukang kayu hendak memasukkan kaca ke dalam kosen jendela. Apa yang dilakukan tukang kayu itu ketika akan memasukkan kaca ke dalam kosen? Salah satu yang dilakukan tukang kayu tersebut adalah memperhatikan pojok-pojok kosen jendela dengan pojok-pojok kosen jendela dengan pojok-pojok keping kaca itu agar sesuai.

Text Box: B

Text Box: Kaki sudut

Sudut pada gambar di atas merupakan sudut AOB atau dinotasikan denganAOB. Kadang-kadang sudut pada gambar di samping dituliskan dengan O. Suatu sudut dapat terbentuk dari suatu sinar yang diputar pada pangkal sinar. Jadi, sudut AOB adalah sudut yang dibentuk yang diputar dengan pusat O sehingga berputar sampai .
dan disebut kaki sudut, sedangkan titik pertemuan kaki-kaki sudut disebut titik sudut. Daerah yang dibatasi oleh kaki-kaki sudut yakni daerah AOB disebut daerah sudut.  Untuk selanjutnya daerah sudut AOB disebut besar sudut AOB  = AOB.
Salah satu ukuran besar sudut adalah derajat.  Satuan derajat satu putaran penuh besarnya 360 derajat dan ditulis 3600.


Text Box: 10  = 60´ atau  1´ =  

1´ = 60´´ atau 1´´ =  
10 = 3.600´´ atau 1´´ =
 








(tanda 0 dibaca derajat, ´ dibaca menit dan ´´ detik)
Contoh :  90´´ = ... ´ = ... 0
Jawab  : Karena 1´´ maka 90´´ = 90 x
              Karena 1´´ = maka diperoleh  90´´
                                = 90 x  = 0,0250

Untuk menggambar atau mengukur besar sudut, dapat menggambarkan penggaris dan busur derajat. Satuan pada busur derajat adalah derajat. Pada umumnya busur derajat tersebut dari mika tembus pandang bentuk setengah lingkaran. Pada busur derajat terdapat dua skala, yaitu skala atas dan skala bawah. Pada skala atas terdapat angka-angka berurut-urut dari kiri ke kanan 0, 10,20,..,180,. Sedangkan pada skala bawah terdapat angka-angka berurut-urut dari kanan ke kiri 0, 10, 20,..., 180. bagaimanakan cara mengukur besar sudut. Caranya dengan menggunakan bususr derajat? Untuk itu, perhatikan penjelasan berikut ini:


Text Box: O

,Text Box: A

,Text Box: B
 





Misalkan akan mengukur besar AOB pada gambar di atas, letakkan busur derajat pada AOB sehingga titik pusat bususr derajat berimpit dengan titik O dan sisi lurus busur derajat berimpit dengan . Setelah benar-benar berimpit, perhatikan kaki sudut , ternyata kaki sudut tersebut berimpit dengan titik 300 pada skala bawah dan 150 0 pada skala atas. Skala manakah yang digunakan? Perhatikan angka nol pada busur derajat yang terletak pada . Jika angka nol berada pada skala bawah, gunakan angka yang berada pada skala bawah pada kaki sudut . Jadi, AOB = 300.
Dua garis yang sejajar mempunyai jarak yang tetap walaupun kedua garis tersebut diperpanjang. Perhatikan gambar berikut:


 






Jika garis yang sejajar dipotong garis lain, maka garis yang dipotong kedua garis itu disebut garis tranversal. Garis tranversal memotong dua garis yang sejajar di dua titik sehingga membentuk jenis-jenis sudut berikut ini:
a.       Sudut-sudut sehadap





P2 dan Q2 menghadap ke arah yang sama, yaitu arah kanan atas. Sudut-sudut itu disebut sudut sehadap.
b.      Sudut-sudut berseberangan


 






P3 dan Q2 berada diantara dua garis sejajar dan berseberangan terhadap garis tranversal. Sudut-sudut itu disebut sudut dalam berseberangan. P1 dan Q4 berada di luar dua garis  tranversal. Sudut itu disebut sudut luar berseberangan.
c.       Sudut-sudut sepihak


 






P3 dan Q1 berada di dalam dua garis  sejajar dan keduanya terletak di sebelah kiri garis tranversal. Sudut-sudut itu disebut sudut dalam sepihak. P1 dan Q1 berada di luar dua garis sejajar dan keduanya terletak di sebelah kiri garis tranversal. Sudut-sudut ini disebut sudut luar sepihak.


Text Box: Jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain, berlaku:
a.	Sudut-sudut yang sehadap sama besar
b.	Sudut-sudut dalam berseberangan sama besar
c.	Sudut-sudut luar berseberangan sama besar
d.	Sudut-sudut dalam sepihak berjumlah 1800
e.	Sudut-sudut luar sepihak berjumlah 1800
 







Contoh: Tentukan nilai x, y, dan z

Jawab: EBD dan BDC adalah sudut-sudut dalam berseberangan maka EBD = BDC = 600. karena ABE dan ACD adalah sudut-sudut sehadap maka ABE = ACD. Jadi x = 500.
Y   = 1800  – (600 + x)
            = 1800 (600 + 500)
            = 1800 – 1100
            = 700
(Sujatmiko, 2005:201)
B.     Kerangka Pemikiran
Matematika merupakan ilmu pengetahuan struktur dan hubungan-hubungannya, simbol-simbol diperlukan, matematika berkenaan dengan ide-ide abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. Untuk memahami konsep yang bersifat abstrak tersebut maka dalam kegiatan pembelajaran matematika diperlukan alat peraga untuk mempermudah peserta didik dalam memahami konsep matematika. Penggunaan alat peraga dapat membuat pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar peserta didik, belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu, belajar lebih cepat dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran lebih sistematis dan teratur.









 










Gambar 2.1. Kerangka  Berpikir Penelitian
C.    Hipotesis Penelitian
Hipotesis berasal dari dua kata yaitu hypo yang berarti di bawah dan thesa yang artinya kebenaran. Sehubungan dengan pengertian tersebut,  maka hipotesis dapat diartikan sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul (Arikunto, 2006:67). Hipotesis yang dapat dirumuskan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:
1.      Diduga ada peningkatan prestasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.
2.      Diduga ada peningkatan motivasi belajar peserta didik sesudah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.















BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
Penelitian tindakan kelas atau yang sering dikenal dengan istilah PTK merupakan suatu upaya dari pendidik untuk meningkatkan atau memperbaiki proses belajar mengajar ke arah tercapainya tujuan pendidikan atau pengajaran itu sendiri. Masalah penelitiannya bersumber dari lingkungan kelas yang dirasakan sendiri oleh pendidik untuk diperbaiki, dievaluasi dan akhirnya dibuat suatu keputusan sebagai solusi dan dilaksanakan suatu tindakan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran tersebut (Zulkarnaeni, 2005:1). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007, tepatnya pada bulan Januari sampai dengan Maret 2008. Secara rinci kegiatan penelitian dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 3. 1 Alokasi Waktu Penelitian
No
Kegiatan
Jan
Feb
Mar
1
Menyusun Proposal PTK


2
Menyusun Instrumen Penelitian


3
Pengumpulan Data dengan melakukan tindakan
a.    Siklus I
b.    Siklus II










4
Analisis Data


5
Menyusun Laporan Hasil Penelitian



SMP Negeri 2 Gatak merupakan salah satu SMP Negeri di kabupaten Sukoharjo yang beralamatkan di Jl. Trangsan, kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo. Sekolah ini didirikan tahin 1985 dengan visi ”unggul dalam prestasi dan kompetitif berdasarkan iman dan taqwa”, sehingga untuk mencapai visi tersebut pendidik dan pihak sekolah selalu mengadakan upaya perbaikan terhadap layanan pendidikan yang dianggap masih kurang. Sebagai indikator dari keberhasilan visi di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo ditandai dengan:
1.      Unggul  dalam pencapaian nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional.
2.      Unggul dalam lomba dan olah raga.
3.      Unggul dalam kemampuan baca tulis al Qur’an.
4.      Unggul dalam aktivitas keagamaan dan sosial.
5.      Unggul dalam disiplin dan tanggungjawab.
Misi SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo adalah:
1.      Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien berdasarkan konsep belajar tuntas melalui program pengajaran remidial dan pengayaan dengan mengoptimalkan seluruh input.
2.      Meningkatkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3.      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga sekolah melalui baca tulis Al-qur’an.
4.      Meningkatkan budaya disiplin dan tanggung jawab dalam kehidupan sekolah.
5.      Meningkatkan manajemen partisipasif dengan melibatkan warga sekolah.
B.     Subjek Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada 40 peserta didik pada kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007, motivasi belajar matematika peserta didik di kelas ini masih rendah sehingga berakibat pada rendahnya nilai ulangan pada materi menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut. Untuk itu pendidik melakukan upaya perbaikan agar peserta didik memiliki semangat untuk belajar yaitu dengan menggunakan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mempermudah peserta didik dalam belajar.
C.    Sumber Data
Sumber data dalam penelitian adalah subjek darimana data dapat diperoleh (Arikunto, 2006:107). Data dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari data primer dan data sekunder.
1.      Data Primer
Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya atau objek penelitiannya. Data primer dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.

2.      Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang tidak diusahakan pengumpulannya oleh peneliti sendiri, jadi diperoleh melalui pihak lain, misalnya melalui keterangan-keterangan laporan bulanan, buku-buku atau data lainnya. Pada penelitian tindakan kelas ini data sekunder diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi yang dimiliki oleh kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo yang berkaitan dengan alat peraga yang dimiliki  oleh sekolah.
D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara serta dokumentasi.
1.      Tes
Menurut Arikunto (1990:51), “Tes merupakan alat prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau  mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditetapkan”.  Pendapat lain dikemukakan oleh Indrakusuma (Dalam Arikunto, 1995:29:), bahwa tes adalah suatu alat atau  prosedur yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data atau  keterangan-keterangan yang diinginkan seseorang, dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat. Dengan kata lain metode tes adalah prosedur pengumpulan data untuk memperoleh keterangan-keterangan atau  informasi dengan cara-cara yang telah ditetapkan. Tes dalam penelitian ini diberikan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.
2.      Observasi
Observasi (observation) atau pengamatan merupakan suatu teknik mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung (Sukmadinata, 2007:220). Observasi dalam penelitian ini dilakukan untuk mengamati perilaku peserta didik kelas VII D  di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo dalam belajar matematika menggunakan alat peraga pada tahun pelajaran 2006/2007, baik perilaku positif maupun negatif yang berkaitan dengan motivasi, keaktifan serta sikap peserta didik terhadap kegiatan yang diberikan oleh pendidik dalam belajar matematika dan cara peserta didik menggunakan alat peraga yang ada.
3.      Wawancara
Wawancara (interview) merupakan salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab antara responden dengan narasumber guna memperoleh data yang dibutuhkan (Sukmadinata, 2007:216). Wawancara dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui tanggapan, pendapat serta saran dari peserta didik  berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut. Wawancara dilakukan terhadap peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007.
4.      Dokumentasi
Moleong (2006: 160) analisis dokumen digunakan karena merupakan sumber yang stabil, kaya dan mendorong serta dokumentasi bersifat alamiah sesuai dengan konteks lahiriyah tersebut. Pengumpulan data melalui teknik ini digunakan untuk melengkapi data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dokumentasi yang digunakan berupa nilai peserta didik dalam matematika dengan menggunakan alat peraga yang diperoleh  peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo sesudah pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik.
E.     Analisis Data
Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dilakukan dengan tiga kegiatan utama yang saling berkaitan dan terjadi secara bersamaan dalam proses analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan  atau verifikasi (Sutopo, 2002: 88).
1.      Reduksi data
Kegiatan mereduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, mencari tema dan polanya. Dalam penelitian ini, data-data yang dikumpulkan pada saat penelitian di lapangan yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik serta motivasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dirangkum dan diambil yang pokok-pokok sehingga mendukung penulisan ini.
2.      Penyajian data
Penyajian data dilakukan dengan mengorganisasikan, menyusun pola hubungan dan menyusun data secara sistematis. Penyajian data merupakan bagian dari analisis  dengan maksud agar data atau informasi yang telah terkumpul dapat tersusun dalam bentuk yang padu. Penyajian data dilakukan agar data mudah untuk dipahami.
3.      Penarikan kesimpulan/verifikasi
Semua data yang diperoleh di lapangan setelah melalui proses yang panjang kemudian ditarik kesimpulan. Sehingga data yang diperlukan dapat diperoleh dengan hasil akhir sesuai dengan yang diperoleh dari lapangan.
F.     Validitas Data
Data yang berhasil dikumpulkan harus diusahakan kesahihan dan kebenarannya, dengan tujuan agar data penelitian yang sebelumnya berupa informasi-informasi dapat dipertanggungjawabkan dan dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk menarik kesimpulan. Dalam penelitian kualitatif ada beberapa cara untuk meningkatkan kesahihan data penelitian, yaitu: triangulasi, konfirmability, dan dependability. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan memeriksa keabsahan data yang paling utama digunakan dengan memanfaatkan sesuatu yang lain  di luar data untuk pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dalam hal ini digunakan triangulasi sumber data. Triangulasi sumber data dilakukan dengan cara membandingkan dan mengecek derajat keterpercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan sumber yang berbeda dalam metode kualitatif (Moleong, 2006: 178).
Peneliti mempergunakan berbagai sumber data yang berbeda untuk mengumpulkan data yang sejenis atau sama. Triangulasi dengan menggunakan  metode yang dilakukan dengan dua strategi, yaitu: 1) Pengecekan derajat  kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data yang sama, dan 2) pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama (Moleong, 2006: 178). Penerapannya dalam penelitian ini adalah dengan mengecek hasil ulangan matematika dengan hasil wawancara, observasi serta dokumentasi yang dimiliki oleh pendidik, sehingga keabsahan data dapat diuji kebenarannya.
G.    Indikator Kinerja
Indikator kinerja merupakan tolok ukur dari keberhasilan penelitian yang telah dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil jika ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut  yang ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang berkisar antara 75-89 atau dengan kategori baik. Kategori nilai ditentukan dengan kriteria baik karena materi tentang menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut bukan termasuk materi yang sulit sehingga untuk standar nilai tersebut dianggap tidak terlalu tinggi. Indikator lain dari keberhasilan penelitian ini jika ada peningkatan motivasi belajar dari peserta didik yang ditandai adanya keaktifan dan peran serta dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Tabel  3.2. Indikator Keberhasilan Penelitian
No.
Kategori
Keterangan
1.
Amat Baik
Nilai yang diperoleh peserta didik antara 90-100
2.
Baik
Nilai yang diperoleh peserta didik antara 75 - 89
3.
Cukup
Nilai yang diperoleh peserta didik antara 60 - 74
4.
Kurang
Nilai yang diperoleh peserta didik antara 49-59

H.    Prosedur Penelitian
Prosedur PTK terdiri dari empat langkah utama, yaitu perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
1.      Siklus I
1.      Perencanaan (plan)
Pada tahap perencanaan, pendidik membuat RPP dan menyusun skenario kegiatan yang akan diberikan pada peserta didik pada siklus I.
2.      Pelaksanaan (action)
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
1)      Pendidik menyampaikan materi matematika.
2)      Peserta didik mencatat materi pelajaran.
3)      Peserta didik mengerjakan soal latihan
4)      Peserta didik dipersilahkan maju kedepan kelas untuk menghitung dan memperagakan bentuk sudut dari  alat peraga yang dibuat dengan kertas karto berbentuk segitiga sesuai soal-soal yang diberikan oleh guru.
5)      Pendidik melakukan balikan dan penguatan dengan menghitung dan memperagakan alat peraga tersebut.
6)      Pendidik melakukan evaluasi.
3.      Observasi (observation)
Observasi dilakukan untuk mengetahui perilaku peserta didik dalam belajar matematika. Baik yang berhubungan dengan motivasi, keaktifan serta kreativitas peserta didik.
4.      Refleksi (reflection)
Refleksi merupakan tindak lanjut dari segala kekurangan atau kelemahan yang ada dalam penelitian. Dengan adanya refleksi maka diharapkan hasil penelitian dapat diperoleh sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
2.      Siklus II
a.       Perencanaan (plan)
Pada tahap ini pendidik membuat RPP berisi kegiatan yang akan diberikan pada peserta didik serta mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran. Sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu pendidik melakukan apersepsi dengan mengingat pelajaran yang lalu.
b.      Pelaksanaan (action)
Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga. Langkah-langkah kegiatan adalah sebagai berikut:
a.       Pendidik menyampaikan materi.
b.      Memberi contoh cara menggunakan alat peraga yang terbuat dari kertas karton dengan berbagai macam bentuk segitiga.
c.       Peserta didik menggunakan alat peraga.
d.      Pendidik melakukan penguatan dan balikan
e.       Pendidik melakukan evaluasi tertulis.
c.       Observasi (observation)
Observasi dilakukan selama kegiatan pembelajaran dengan melihat segala perubahan peserta didik dalam belajar matematika menggunakan alat peraga baik yang berkaitan dengan motivasi, keaktifan serta pengalaman belajar peserta didik yang timbul dalam belajar.
d.      Refleksi (reflection)
Refleksi dilakukan untuk memperbaiki kelemahan yang terjadi pada penelitian di setiap siklus. Tindak lanjut dari perbaikan yang dilakukan dapat berupa perbaikan pada siklus berikutnya. Dan jika hasil penelitian telah memenuhi indikator kinerja dari penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya maka penelitian tindakan kelas dianggap telah berhasil dan tidak perlu untuk dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.




















BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Kondisi Awal
Pada kondisi awal dapat dijelaskan bahwa kenyataan yang ada pada pelaksanaan pembelajaran matematika kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007 diketahui bahwa  dalam melakukan pembelajaran pendidik belum menggunakan alat peraga yang ada, padahal sekolah menyediakan berbagai alat peraga pendidikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelas dan pendidik dalam mengajar matematika hanya menggunakan buku paket sebagai pegangan dalam mengajar. Hal ini disebabkan belum timbul kesadaran akan pentingnya penggunaan alat peraga serta pengaruhnya dalam kegiatan pembelajaran. Pendidik menganggap bahwa penggunaan buku paket lebih sederhana dan tidak memerlukan persiapan yang banyak. Adanya pembelajaran dengan model demikian ini maka peserta didik kurang memiliki pengalaman dalam belajar dan motivasi untuk belajar rendah karena kegiatan yang diberikan monoton, sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih kurang. Pada kondisi awal ini diketahui bahwa



Tabel 4.1  Hasil Penilaian Kondisi Awal
Kategori
Interval Tiap Aspek
Pem
Pen
PM
RT
%
Amat Baik
Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
0
0
0
0
0
Baik
Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
2
2
2
1
2.5
Cukup
Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
18
19
16
16
40
Kurang
Nilai   (<65)    (<60)    (<55)
20
19
22
23
57.5

Nilai Rerata Tiap Aspek
61
55.4
51.8
56.1
56,1
Keterangan
Pem = Pemahaman  Konsep
Pen  = Penerapan dan komunikasi
PM  = Pemecahan masalah

Hasil tes matematika di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai ulangan yang diberikan pada peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007 adalah kurang dengan nilai rata-rata 56,1. 
B.     Deskripsi Siklus I
1.      Perencanaan (plan)
Kegiatan pada siklus I dilakukan dengan pembelajaran matematika tanpa menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga, sehingga pendidik melakukan persiapan membuat RPP dan materi yang akan disampaikan dengan menggunakan alat peraga yang sudah dibuat sebelumnya dari kertas karton untuk menjelasakan  tentang garis dan sudut.

2.      Pelaksanaan (action)
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
a.       Pendidik menyampaikan materi matematika tentang menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut dengan berceramah serta menunjukkan pada siswa bagaimana cara menentukan sudut dengan mudah, yaitu dengan menggunakan alat peraga yang berbentuk macam-macam segitiga terbuat dari kertas karton di depan kelas.
b.      Peserta didik mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
c.       Peserta didik memperagakan acara menentukan sudut dengan alat peraga yang terbuat dari karton di depan kelas dengan maju satu persatu
d.      Peserta didik mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh pendidik.
e.       Pendidik melakukan balikan dan penguatan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh peserta didik.
f.       Pendidik melakukan evaluasi.
3.      Observasi (observation)
Hasil pengamatan selama pembelajaran dapat diketahui bahwa pada awal pendidik melakukan ceramah dan penggunaan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga, masih banyak peserta didik yang memperhatikan. Akan tetapi ketika waktu berjalan sekitar 15 menit terlihat berbagai reaksi negatif yang ditunjukkan peserta didik dalam belajar diantaranya bercerita dengan teman satu meja, bermain alat tulis atau bahkan melempar kertas pada teman yang lain. Pendidik berusaha mengembalikan suasana belajar agar kondusif, akan tetapi tidak lama kondisi belajar kembali gaduh. Peserta didik saat mengerjakan latihan terlihat kurang serius, terlihat beberapa peserta didik yang hanya diam dan menanti jawaban dari teman lain yang telah selesai mengerjakan. Sehingga tidak semua peserta didik mengerjakan soal latihan yang diberikan pendidik tetapi hanya menyalin dari pekerjaan teman.
4.      Refleksi (reflection)
Beberapa kelemahan yang ada pada siklus I ini akan diperbaiki pada siklus II untuk meningkatkan keaktifan serta motivasi peserta didik dalam belajar matematika. Hasil tes yang diberikan pada siklus I ini diketahui sebagai berikut:
Tabel 4.2  Hasil Penilaian Siklus I
Kategori
Nilai Tiap Aspek
Pem
Pen
PM
RT
%
Amat Baik
Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
0
0
1
0
0
Baik
Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
2
2
1
1
2.5
Cukup
Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
21
19
15
16
40
Kurang
Nilai   (<65)      (<60)      (<55)
17
19
23
23
57.5

Jumlah
2605
2370
2173
2383
100

Rerata Tiap Aspek
65.13
59.3
54.3
59.6

           
Keterangan
Pem = Pemahaman  Konsep
Pen  = Penerapan dan komunikasi
PM  = Pemecahan masalah
Hasil tes matematika di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai ulangan yang diberikan pada peserta didik kelas VII D  di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007 adalah cukup dengan nilai rata-rata 59,5 
C.    Deskripsi Siklus II
1.      Perencanaan (plan)
Pendidik membuat RPP berisi kegiatan yang diberikan pada peserta didik serta mempersiapkan alat peraga yang digunakan pada kegiatan pembelajaran berupa busur dan jangka yang berukuran besar. Sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu pendidik melakukan apersepsi dengan mengingat pelajaran yang lalu.
2.      Pelaksanaan (action)
Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga yang dibawa masing-masing peserta didik dari rumah yang berupa bujur dan jangka. Langkah-langkah kegiatan adalah sebagai berikut:
a.       Pendidik menyampaikan materi tentang menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut dengan berceramah di depan kelas.
b.      Memberi contoh cara menggunakan busur dalam kegiatan pembelajaran dengan mempergakannya secara berulang-ulang.
c.       Peserta didik menggunakan busur untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut dan menerapkannya dalam mengerjakan soal-soal latihan.
d.      Pendidik melakukan penguatan dan balikan.
e.       Pendidik melakukan evaluasi tertulis.

3.      Observasi (observation)
Pada siklus II ini terlihat peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pada saat pendidik menjelaskan cara menggunakan busur, semua perhatian peserta didik tertuju ke depan kelas tempat pendidik berdiri. Pada waktu pendidik menyuruh salah satu peserta didik maju untuk memperagakan cara penggunaan busur yang berukuran besar, maka terlihat antusiasme peserta didik yang terlihat mereka berebut untuk maju. Saat melakukan kegiatan dalam mengukur sudut peserta didik melakukannya dengan bersungguh-sungguh yang terlihat pada kesiapan peserta didik dalam menyiapkan busur, menghitung sudut serta mengerjakan tugas yang diberikan. Meski sesekali terlihat peserta didik bercanda akan tetapi semuanya mampu melakukan kegiatan dengan baik. Kreativitas peserta didik nampak terlihat ketika mengerjakan soal latihan, meski soal yang diberikan sama akan tetapi dari beragamnya jawaban yang diberikan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut.

4.      Refleksi (reflection)
Pada siklus ini diketahui nilai rata-rata tes peserta didik 66,96, hasil tersebut tentunya memiliki arti bahwa indikator nilai peserta didik telah tercapai pada siklus ini. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan diketahui juga bahwa peserta didik berperan aktif dalam melakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga busur, meski bentuknya sederhana akan tetapi alat tersebut mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika untuk menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut. Hasil tes yang diberikan pada siklus II adalah:
Tabel 4.3  Hasil Penilaian Siklus II
Kategori
Nilai Tiap Aspek
Pem
Pen
PM
RT
%
Amat Baik
Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
1
1
2
1
2.5
Baik
Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
4
12
3
4
10
Cukup
Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
35
25
35
34
85
Kurang
Nilai   (<65)      (<60)      (<55)
0
2
1
1
2.5

Jumlah
2815
2790
2430
2678
100

Rerata Tiap Aspek
70.38
69.8
60.75
66.96


Hasil tes matematika di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai ulangan yang diberikan pada peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2006/2007 adalah baik dengan nilai rata-rata 66,96. 
D.    Deskripsi Tiap Siklus dan Antar Siklus
Kegiatan yang diberikan pada peserta didik saat siklus I adalah pembelajaran matematika  menggunakan alat peraga terbuat dari kertas karton yang dibentuk dengan berbagai macam bentuk segitiga, sehingga  melakukan ceramah dan mnggunakan alat peraga sebagai media bantu yang terbuat dari kertas karton berbentuk macam-macam segitiga, selanjutnya peserta didik mencatatnya setelah itu peserta didik diwajibkan untuk maju kedepan kelas memperagakan alat peraga tersebut untuk mengerjakan soal latihan dari Pendidik. Dengan kegiatan tersebut hasil belajar yang diperoleh peserta didik cukup baik hanya saja belum begitu maksimal dalam pengguanaan waktunya.. Nilai rata-rata ulangan pada siklus I diketahui 59,57. Hasil tersebut masuk dalam kategori kurang sehingga perlu ditingkatkan lagi. Hasil pengamatan selama pembelajaran dapat diketahui bahwa pada awal pendidik melakukan ceramah dan menggunakan alat peraga yang terbuat dari kertas karton dengan dibentuk berbagai macam segitia tersebut, masih banyak peserta didik yang memperhatikan. Akan tetapi ketika waktu berjalan sekitar 15 menit terlihat peserta didik bercerita dengan teman satu meja, bermain alat tulis atau bahkan melempar kertas pada teman yang lain sehingga suasana kelas menjadi gaduh. Peserta didik saat mengerjakan latihan terlihat kurang serius, terlihat beberapa peserta didik hanya diam dan menanti jawaban dari teman lain yang telah selesai mengerjakan. Sehingga tidak semua peserta didik dapat memperagakan dan  mengerjakan soal latihan yang diberikan pendidik tetapi hanya menyalin dari pekerjaan teman serta hanya berdiri diam di depan kelas.
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada siklus II dengan menggunakan alat peraga dapat membantu mempermudah  peserta didik   dalam belajar, karena melalui penggunaan alat peraga dengan menggunakan busur dan jangka yang berukuran besar,  peserta didik dapat memahami materi yang bersifat abstrak untuk diterima secara konkrit. Alat peraga yang digunakan peserta didik dalam menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudut adalah busur. Peserta didik melakukan semua kegiatan dengan bimbingan pendidik sehingga dalam belajar memperoleh pengalaman secara langsung dengan melakukan pengukuran sudut secara langsung. Peserta didik terlihat antusias dalam melakukan pengukuran sudut dan bersaing untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dengan cepat dan tepat, selain itu hasil tes yang diberikan menunjukkan bahwa ada peningkatan yang sangat berarti jika dibandingkan pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,96. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga dengan busur dan jangka yang berukuran besar untuk menentukan besar dan jenis sudut dapat lebih membantu peserta didik dalam belajar matematika untuk meningkatkan motivasi serta prestasi belajar.





BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
Pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menggunakan alat peraga dengan busur , jangka yang berukuran besar  dan bangun-bangun segiti yang terbuat dari kertas karton untuk menentukan dua garis serta besar dan jenis sudut dapat meningkatkan prestasi serta motivasi belajar pada peserta didik kelas VII D  SMP Negeri 2 Gatak kabupaten Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2006/2007. Peningkatan tersebut diindikasikan adanya peningkatan hasil tes yang diberikan pada peserta didik yang mengalami peningkatan menjadi lebih baik yaitu hasil tes pada siklus II lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata  pada siklus I adalah 59,57 dan siklus II adalah 66,96. Adanya peningkatan nilai tersebut dikarenakan peserta didik memiliki motivasi yang tinggi dengan terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran serta melakukan berbagai peragaan dalam mengukur dua garis serta besar dan jenis sudut menggunakan busur. Dengan penggunaan alat peraga tersebut peserta didik memiliki pengalaman dalam belajar matematika dengan mengukur secara langsung sudut-sudut yang ada dan tidak hanya membayangkan saja akan tetapi belajar dengan melakukan kegiatan yang berarti.


B.     Implikasi
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan bagi pengembangan penelitian selanjutnya untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh peserta didik dalam belajar matematika. Karena belajar matematika memerlukan alat peraga untuk menggambarkan konsep yang abstrak ke dalam konsep yang konkrit. Disamping itu hasil penelitian diharapkan dapat menumbuhkan gagasan maupun ide-ide kreatif dalam mengembangkan alat peraga pendidikan yang efektif dalam proses belajar pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang meningkat .

C.    Saran
1.      Ukuran  busur yang digunakan peserta didik terlalu kecil sehingga, angka yang ada tidak terlihat dengan jelas jika akan digunakan dalam kelompok besar.
2.      Persiapan alat peraga sebelum kegiatan perlu dilakukan oleh pendidik dan peserta didik sehingga waktu belajar akan dipergunakan secara efektif tanpa terganggu adanya kekurangan alat peraga dalam pembelajaran.
3.      Kegiatan yang diberikan terhadap peserta didik dalam menggunakan alat peraga perlu dikembangkan agar tidak monoton sehingga peserta didik tidak bosan.


DAFTAR PUSTAKA

Amir Hamzah. 1988. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia

Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1995. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta

Isti  Hidayah  dan  Sugiarto,  2002. Workshop  I.  Semarang  :  Jurusan Matematika. FMIPA UNNES.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rochman Natawidjaja, 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta 

Sardiman AM. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:  Grafindo Persada
Sujatmiko, Ponco. 2005. Matematika Kreatif (Konsep dan Terapannya). Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Sukmadinata N.S. 2002. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya-Bandung

Sumadi Suryabrata. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo

Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : Sebelas Maret University Press

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Zulkarnaeni. 2005. Penelitian Tindaka Kelas Informasi Sederhana Pengembangan Profesi. Diakses dari www.google.com pada Januari 2007









































LAMPIRAN

SOAL


Salin dan hitunglah!

 I.      150 + 100 =...
II.      32´ + 15´ = ...
III.      300 20´ 10´´ + 300 40´ 50´´
IV.      300 20´ 10´´ - 300 40´ 50´´
V.      Buatlah ruas garis PQ sepanjang 3cm dengan posisi horizontal. Jika P sebagai titik sudut dan ruas garis PQ sebagai salah satu kakinya, gambarlah sudut berikut ini!
a.       RPQ          = 750
b.       SPQ           = 1100
c.        TPQ           = 1300
d.       UPQ          = 1650

KUNCI JAWABAN

1.      150 + 100 = 45O
2.      32´ + 15´ = 47
3.  300 20´ 10´´ + 300 40´ 50´´= 60o 0’40”
4.  300 20´ 10´´ - 300 40´ 50´´ = 61o



               DATA NILAI PRA TINDAKAN
KELAS VII D SMT 2
TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007
NO
NAMA SISWA
ASPEK
RERATA
KET


Pemkon
Penkom
Pemas
1
AAN DWI ROHMANTO
65
35
40
46.667
Remidi
2
AHMAD SAFRUDIN HANIF
55
55
40
50
Remidi
3
ALFI KURNIASARI
55
65
45
55
Remidi
4
ARDY PRASETYA
65
85
55
68.333
Lulus
5
ARI SUTRIYANTO
50
65
45
53.333
Remidi
6
ARIS MURDIANTO
55
50
45
50
Remidi
7
AYIK INDRI HASTUTI
50
50
40
46.667
Remidi
8
BELINDA PURWITA KASIH
55
60
50
55
Remidi
9
DADANG MURTOPO
60
50
40
50
Remidi
10
DAWAM JOKO ISMAIL
45
44
40
43
Remidi
11
DEDY SETIYAWAN
50
45
50
48.333
Remidi
12
DENI BAGAS ARDIAN
65
60
55
60
Lulus
13
DESY ANDRIANI
70
45
50
55
Remidi
14
DESY KURNIYATI
80
60
55
65
Lulus
15
DEWI SUSILAWATI
70
60
60
63.333
Lulus
16
DWI HANDAYANI
55
30
40
41.667
Remidi
17
DWI RAHAYU
60
50
50
53.333
Remidi
18
HENI SETYOWATI
65
60
55
60
Lulus
19
IRANA TRIAWATI
50
60
50
53.333
Remidi
20
KRISTIN WULANDARI
70
60
55
61.667
Lulus
21
LIA SARI
70
35
40
48.333
Remidi
22
LIDYA DITA HAPSARI
40
45
50
45
Remidi
23
LISTANINGRUM
65
65
60
63.333
Lulus
24
M SALIM BUDI SETYO UTOMO
60
55
50
55
Remidi
25
WEGA PUTU MARHEINDRA
60
50
50
53.333
Remidi
26
MUHAMAD NUR SYAIDIN SYAH
60
50
50
53.333
Remidi
27
NUGROHO BUDI SANTOSO
55
50
40
48.333
Remidi
28
OKTAVIPANINGSIH
40
50
50
46.667
Remidi
29
ONGKI NURDIANSAH
65
60
55
60
Lulus
30
RONI SETIAWAN
35
40
40
38.333
Remidi
31
RUSDIANTO
70
65
55
63.333
Lulus
32
SEPTI AYUNINGTYAS
70
60
60
63.333
Lulus
33
SRI REJEKI
80
75
84
79.667
Lulus
34
SURYATI
70
60
68
66
Lulus
35
TRI HANDAYANI WAHYUNINGS
75
60
55
63.333
Lulus
36
WIDYA PUTRI SARASWATI
60
50
60
56.667
Remidi
37
WILY PRASETYA
65
60
55
60
Lulus
38
WINDU AJI
75
60
55
63.333
Lulus
39
WISNU OPRAYITNO
70
70
60
66.667
Lulus
40
YEYEN PRASETIYA
75
65
75
71.667
Lulus

Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
0
0
0
0


Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
2
2
2
1


Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
18
19
16
16


Nilai   (<65)    (<60)    (<55)
20
19
22
23


Jumlah
2450
2214
2072
2245.3


Rerata
61.25
55.35
51.8
56.133






 
              DATA NILAI SIKLUS I
KELAS VII D SMT 2
TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007
NO
NAMA SISWA
ASPEK
RERATA
KET


Pemkon
Penkom
Pemas
1
AAN DWI ROHMANTO
65
55
50
56.67
Remidi
2
AHMAD SAFRUDIN HANIF
60
55
50
55
Remidi
3
ALFI KURNIASARI
60
65
50
58.33
Remidi
4
ARDY PRASETYA
65
85
50
66.67
Remidi
5
ARI SUTRIYANTO
60
65
50
58.33
Remidi
6
ARIS MURDIANTO
65
55
50
56.67
Remidi
7
AYIK INDRI HASTUTI
60
55
50
55
Remidi
8
BELINDA PURWITA KASIH
60
60
50
56.67
Remidi
9
DADANG MURTOPO
65
55
50
56.67
Remidi
10
DAWAM JOKO ISMAIL
65
55
50
56.67
Remidi
11
DEDY SETIYAWAN
60
50
50
53.33
Remidi
12
DENI BAGAS ARDIAN
65
60
55
60
Lulus
13
DESY ANDRIANI
70
50
50
56.67
Remidi
14
DESY KURNIYATI
80
60
55
65
Lulus
15
DEWI SUSILAWATI
70
60
60
63.33
Lulus
16
DWI HANDAYANI
60
55
50
55
Remidi
17
DWI RAHAYU
60
55
50
55
Remidi
18
HENI SETYOWATI
65
60
55
60
Lulus
19
IRANA TRIAWATI
60
60
50
56.67
Remidi
20
KRISTIN WULANDARI
70
60
55
61.67
Lulus
21
LIA SARI
70
55
50
58.33
Remidi
22
LIDYA DITA HAPSARI
60
55
50
55
Remidi
23
LISTANINGRUM
65
65
60
63.33
Lulus
24
M SALIM BUDI SETYO UTOMO
60
55
50
55
Remidi
25
WEGA PUTU MARHEINDRA
60
55
50
55
Remidi
26
MUHAMAD NUR SYAIDIN SYAH
60
55
50
55
Remidi
27
NUGROHO BUDI SANTOSO
60
55
50
55
Remidi
28
OKTAVIPANINGSIH
50
55
50
51.67
Remidi
29
ONGKI NURDIANSAH
65
60
55
60
Lulus
30
RONI SETIAWAN
60
55
50
55
Remidi
31
RUSDIANTO
70
65
55
63.33
Lulus
32
SEPTI AYUNINGTYAS
70
60
60
63.33
Lulus
33
SRI REJEKI
80
75
85
80
Lulus
34
SURYATI
70
60
68
66
Lulus
35
TRI HANDAYANI WAHYUNINGSIH
75
60
55
63.33
Lulus
36
WIDYA PUTRI SARASWATI
60
55
60
58.33
Remidi
37
WILY PRASETYA
65
60
55
60
Lulus
38
WINDU AJI
75
60
55
63.33
Lulus
39
WISNU OPRAYITNO
70
70
60
66.67
Lulus
40
YEYEN PRASETIYA
75
65
75
71.67
Lulus

Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
0
0
1
0


Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
2
2
1
1


Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
21
19
15
16


Nilai   (<65)      (<60)      (<55)
17
19
23
23


Jumlah
2605
2370
2173
2383


Rerata Tiap Aspek
65.125
59.25
54.325
59.57






                DATA NILAI SIKLUS II
KELAS VII D SMT 2
TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007
NO
NAMA SISWA
ASPEK
RERATA
KET


Pemkon
Penkom
Pemas
1
AAN DWI ROHMANTO
70
75
55
66.67
Lulus
2
AHMAD SAFRUDIN HANIF
65
70
55
63.33
Lulus
3
ALFI KURNIASARI
65
75
55
65.00
Lulus
4
ARDY PRASETYA
75
85
60
73.33
Lulus
5
ARI SUTRIYANTO
65
75
55
65.00
Lulus
6
ARIS MURDIANTO
65
70
55
63.33
Lulus
7
AYIK INDRI HASTUTI
65
65
55
61.67
Lulus
8
BELINDA PURWITA KASIH
65
70
55
63.33
Lulus
9
DADANG MURTOPO
65
65
55
61.67
Lulus
10
DAWAM JOKO ISMAIL
65
65
55
61.67
Lulus
11
DEDY SETIYAWAN
65
65
55
61.67
Lulus
12
DENI BAGAS ARDIAN
70
70
60
66.67
Lulus
13
DESY ANDRIANI
75
70
55
66.67
Lulus
14
DESY KURNIYATI
85
75
60
73.33
Lulus
15
DEWI SUSILAWATI
65
70
65
66.67
Lulus
16
DWI HANDAYANI
65
70
55
63.33
Lulus
17
DWI RAHAYU
65
65
60
63.33
Lulus
18
HENI SETYOWATI
70
65
60
65.00
Lulus
19
IRANA TRIAWATI
65
65
60
63.33
Lulus
20
KRISTIN WULANDARI
75
65
65
68.33
Lulus
21
LIA SARI
75
65
55
65.00
Lulus
22
LIDYA DITA HAPSARI
65
65
55
61.67
Lulus
23
LISTANINGRUM
70
75
65
70.00
Lulus
24
M SALIM BUDI SETYO UTOMO
65
65
55
61.67
Lulus
25
WEGA PUTU MARHEINDRA
65
65
55
61.67
Lulus
26
MUHAMAD NUR SYAIDIN SYAH
65
65
55
61.67
Lulus
27
NUGROHO BUDI SANTOSO
65
65
55
61.67
Lulus
28
OKTAVIPANINGSIH
65
55
60
60.00
Remidi
29
ONGKI NURDIANSAH
70
65
65
66.67
Lulus
30
RONI SETIAWAN
65
50
50
55.00
Remidi
31
RUSDIANTO
75
65
60
66.67
Lulus
32
SEPTI AYUNINGTYAS
75
75
65
71.67
Lulus
33
SRI REJEKI
85
80
85
83.33
Lulus
34
SURYATI
75
75
75
75.00
Lulus
35
TRI HANDAYANI WAHYUNINGS
80
80
75
78.33
Lulus
36
WIDYA PUTRI SARASWATI
65
65
65
65.00
Lulus
37
WILY PRASETYA
70
70
60
66.67
Lulus
38
WINDU AJI
85
85
70
80.00
Lulus
39
WISNU OPRAYITNO
75
75
65
71.67
Lulus
40
YEYEN PRASETIYA
95
90
90
91.67
Lulus

Nilai  (95-100)(90-100)(85-100)
1
1
2
1


Nilai  (80-94)  (75-89)  (70-84)
4
12
3
4


Nilai  (65-79)  (60-74)  (55-69) 
35
25
35
34


Nilai   (<65)      (<60)      (<55)
0
2
1
1


Jumlah
2815
2790
2430
2678.3


Rerata Tiap Aspek
70.4
69.75
60.75
66.958
38