MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI HIMPUNAN BAGIAN DENGAN METODE KOOPERATIF DI KELAS VII C SMP
NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II
TAHUN
PELAJARAN 2007/2008
Penelitian Tindakan Kelas
Disusun
untuk memenuhi Syarat
Usul
Kenaikan Pangkat Dari Golongan IV/a ke IV/ b
Atas
Nama Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP: 131577175
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GATAK
KABUPATEN
SUKOHARJO
2008
HALAMAN PENGESAHAN
Judul :
|
Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam
Memahami Himpunan Bagian Dengan Metode
Kooperatif Di Kelas VII C SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Semester II Tahun
Pelajaran 2007/2008
|
Peneliti
Nama : Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP : 131577175
Pangkat/Golongan : Pembina / IV a
Unit Kerja : SMP Negeri 2 Gatak
Lokasi Penelitian : SMP Negeri 2 Gatak
Lama Penelitian : 3 Bulan
|
|
|
Kepala
SMP Negeri 2 Gatak
Drs. S u w a r t o, M.Pd
NIP.131667036
|
Gatak, 3 April 2008
Petugas Perpustakaan
SMP Negeri 2 Gatak
A r i e s a n t o
NIP 131119666
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo
Djoko Raino Sigit,S.Pd.,M.Si.
NIP 19611208 198403 1 007
|
||
HALAMAN PENGESAHAN
Judul :
|
Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam
Memahami Himpunan Bagian Dengan Metode
Kooperatif Di Kelas VII C SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Semester II Tahun
Pelajaran 2007/2008
|
Peneliti
Nama : Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP : 131577175 / 19640427 198601 1 003
Golongan : IV a
Unit Kerja : SMP Negeri 2 Gatak
Lokasi Penelitian : SMP Negeri 2 Gatak
Lama Penelitian : 3 Bulan
|
|
|
Kepala
SMP Negeri 2 Gatak
Drs. S u w a r t o
NIP.131667036
19600224 198703 1 004
|
Petugas Perpustakaan
SMP Negeri 2 Gatak
Ariesanto
NIP. 131119666
19510625 198203 1 007
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo
Djoko Raino Sigit,S.Pd.,M.Si.
NIP 19611208 198403 1 007
|
||
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan
bahwa karya ilmiah dengan judul: “MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM
MEMAHAMI HIMPUNAN BAGIAN DENGAN METODE
KOOPERATIF DI KELAS VII C SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2007/2008” adalah
hasil karya saya. Pada karya ilmiah ini
tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil
dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol
yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang
saya akui sebagai tulisan saya sendiri, dan atau keseluruhan tulisan yang saya
salin atau saya ambil dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan penulis dari
sumber aslinya. Semua isi dari karya ilmiah ini menjadi tanggung jawab Saya
sebagai Penulis.
Sukoharjo , 3 April 2008
Petrus Chanel Mulyono,SPd.
KATA
PENGANTAR
Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa
sehingga laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: “MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI HIMPUNAN BAGIAN DENGAN METODE KOOPERATIF DI KELAS VII C SMP
NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2007/2008”dapat
terselesaikan dengan baik.
Terselesaikannya penulisan laporan ini
tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Drs.Suwarto selaku kepala SMP Negeri
2 Gatak Sukoharjo yang telah memberikan motivasi dan dukungan .
2. Seluruh staf guru dan karyawan yang telah
membantu penulis.
3. Semua pihak yang terlibat dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Semoga laporan Penelitian Tindakan Kelas
ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan guru-guru pada khususnya.
Sukoharjo , 3 April 2008
Petrus Chanel Mulyono,SPd.
HALAMAN JUDUL .................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN...................................................................... ii
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH....................................... iii
KATA PENGANTAR
................................................................................... iv
DAFTAR ISI ................................................................................................ v
DAFTAR TABEL ......................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................ 1
A. Latar Belakang Masalah ......................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................... 4
C. Pembatasan Masalah................................................................ 5
D. Rumusan Masalah ................................................................... 5
E. Tujuan Penelitian .................................................................... 6
F. Manfaat penelitian .................................................................. 6
BAB II KAJIAN
TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS.................. 8
A. Kajian Teori............................................................................. 8
1. Hakikat Belajar ................................................................ 8
2. Pembelajaran Matematika di Sekolah................................ 16
3. Himpunan Bagian ............................................................ 17
4. Metode Kooperatif .......................................................... 21
B. Kerangka Pemikiran ............................................................... 25
C. Hipotesis Penelitian................................................................. 26
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.................................................. 28
A.
Setting Penelitian ..................................................................... 28
B. Subjek Penelitian ..................................................................... 32
C. Sumber Data ............................................................................ 32
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data........................................ 33
E.
Analisis Data............................................................................ 36
F. Keabsahan
Data...................................................................... 37
G.
Indikator Kinerja..................................................................... 39
H. Prosedur Penelitian .................................................................. 40
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN......................... 43
A. Deskripsi Kondisi Awal......................................................... 43
B. Deskripsi Siklus I.................................................................... 45
C. Deskripsi Siklus II.................................................................. 47
D. Deskripsi Tiap Siklus dan Antar Siklus.................................. 51
BAB V PENUTUP
.................................................................................... 55
A. Simpulan................................................................................. 55
B. Implikasi................................................................................. 56
C. Saran....................................................................................... 57
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 59
LAMPIRAN.................................................................................................. 61
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1. Alokasi
Waktu Penelitian Tindakan Kelas................................ 29
Tabel 3.2. Indikator Keberhasilan Penelitian............................................... 40
Tabel 4.1. Hasil Penilaian Kondisi Awal..................................................... 44
Tabel 4.2. Hasil Penilaian Siklus I............................................................... 46
Tabel 4.3. Hasil Penilaian Siklus II.............................................................. 50
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. Contoh Himpunan Bagian......................................................... 18
Gambar 2.2. Kerangka Berpikir Penelitian..................................................... 26