PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK
MEMECAHKAN MASALAH MELALUI METODE
PARTISIPATIF DI KELAS VII
B
SMP NEGERI 2
GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2009/2010
Penelitian Tindakan Kelas
Disusun
Guna Memenuhi Sebagian Tugas dan Syarat
Usul
Kenaikan Pangkat Dari Golongan IV/a ke IV/ b
Atas
Nama Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP: 19640427
198601 1 003
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GATAK
KABUPATEN
SUKOHARJO
2010
HALAMAN PENGESAHAN
Karya Tulis dengan Judul :
”PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MELALUI
METODE PARTISIPATIF DI KELAS VII
B SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN
SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN
2009/2010”.
|
Disusun oleh :
Nama : Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP : 19640427 198601 1 003
Pangkat / Golongan : Pembina / IV A
Unit Kerja / Lokasi : SMP Negeri 2 Gatak
Lama Penelitian : 3 Bulan
|
|
|
Kepala
SMP Negeri 2 Gatak
Drs. S u w a r t o, M.Pd
NIP.19600224 198703 1 004
|
Gatak, 30 Januari 2010
Petugas Perpustakaan
SMP Negeri 2 Gatak
A r i e s a n t o
NIP.19510625 198203
1 007
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo
Djoko Raino Sigit,S.Pd.,M.Si.
NIP 19611208 198403 1 007
|
||
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan
bahwa karya ilmiah dengan judul: “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA
MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE PARTISIPATIF DI KELAS VII B SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010.”adalah
hasil karya saya. Pada karya ilmiah ini
tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil
dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol
yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang
saya akui sebagai tulisan saya sendiri, dan atau keseluruhan tulisan yang saya
salin atau saya ambil dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan penulis dari
sumber aslinya. Semua isi dari karya ilmiah ini menjadi tanggung jawab Saya
sebagai Penulis.
Sukoharjo , 30 Januari 2010
Petrus Chanel Mulyono,SPd.
KATA
PENGANTAR
Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa
sehingga laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: “PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH
MELALUI METODE PARTISIPATIF DI KELAS VII
B SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010.” dapat
terselesaikan dengan baik.
Terselesaikannya penulisan laporan ini
tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima
kasih kepada :
1. Bapak Drs.Suwarto selaku kepala SMP Negeri
2 Gatak Sukoharjo yang telah memberikan motivasi dan dukungan .
2. Seluruh staf guru dan karyawan yang telah
membantu penulis.
3. Semua pihak yang terlibat dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Semoga laporan Penelitian Tindakan Kelas
ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan guru-guru pada khususnya.
Sukoharjo , 30 Januari 2010
Petrus Chanel Mulyono,SPd.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN...................................................................... ii
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH....................................... iii
KATA PENGANTAR
................................................................................... iv
DAFTAR ISI ................................................................................................ v
DAFTAR TABEL ......................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................ 1
A. Latar Belakang Masalah ......................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................... 5
C. Pembatasan Masalah................................................................ 5
D. Rumusan Masalah ................................................................... 6
E. Tujuan Penelitian .................................................................... 6
F. Manfaat penelitian .................................................................. 6
BAB II KAJIAN
TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS.................. 8
A. Kajian Teori............................................................................. 8
1. Prestasi Belajar ............................................................... 8
2. Pembelajaran Matematika di Sekolah................................ 16
3. Perbandingan ................................................................... 19
4. Metode Partisipatif .......................................................... 22
B. Kerangka Pemikiran ............................................................... 24
C. Hipotesis Penelitian................................................................. 25
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.................................................. 26
A.
Setting Penelitian ..................................................................... 26
B. Subjek Penelitian ..................................................................... 29
C. Sumber Data ............................................................................ 30
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data........................................ 31
E.
Analisis Data............................................................................ 33
F. Keabsahan
Data...................................................................... 34
G.
Indikator Kinerja..................................................................... 36
H. Prosedur Penelitian .................................................................. 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN......................... 41
A. Deskripsi Kondisi Awal......................................................... 41
B. Deskripsi Siklus I.................................................................... 43
C. Deskripsi Siklus II.................................................................. 47
D. Deskripsi Tiap Siklus dan Antar Siklus.................................. 51
BAB V PENUTUP
.................................................................................... 53
A. Simpulan................................................................................. 53
B. Implikasi................................................................................. 54
C. Saran....................................................................................... 55
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 56
LAMPIRAN.................................................................................................. 61
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1. Alokasi
Waktu Penelitian Tindakan Kelas................................ 27
Tabel 3.2. Indikator Keberhasilan Penelitian............................................... 37
Tabel 4.1. Hasil Penilaian Kondisi Awal..................................................... 42
Tabel 4.2. Hasil Penilaian Siklus I............................................................... 46
Tabel 4.3. Hasil Penilaian Siklus II.............................................................. 50
DAFTAR GAMBAR