Kamis, 30 Oktober 2014

PTK 2010



PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN       PERBANDINGAN    UNTUK    MEMECAHKAN MASALAH  MELALUI  METODE  PARTISIPATIF  DI  KELAS  VII B 
SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Penelitian Tindakan Kelas
Disusun Guna Memenuhi Sebagian Tugas dan Syarat
Usul Kenaikan Pangkat Dari Golongan IV/a ke IV/ b
Atas Nama Petrus Chanel Mulyono, SP.d
NIP: 19640427 198601 1 003



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GATAK
KABUPATEN SUKOHARJO
2010
HALAMAN PENGESAHAN

Karya Tulis dengan Judul :
”PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE  PARTISIPATIF DI KELAS VII B  SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER I  TAHUN PELAJARAN 2009/2010”.

Disusun oleh                  :

Nama                              : Petrus Chanel Mulyono, SP.d

NIP                                : 19640427 198601 1 003

Pangkat / Golongan       : Pembina / IV A

Unit Kerja / Lokasi        : SMP Negeri 2 Gatak

Lama Penelitian             : 3 Bulan





Kepala
SMP Negeri 2 Gatak




Drs. S u w a r t o, M.Pd
NIP.19600224 198703 1 004

Gatak, 30 Januari 2010
Petugas Perpustakaan
SMP Negeri 2 Gatak




A r i e s a n t o
NIP.19510625 198203 1 007



Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo





Djoko Raino Sigit,S.Pd.,M.Si.
NIP 19611208 198403 1 007




PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa karya ilmiah dengan judul: “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE  PARTISIPATIF DI KELAS VII B  SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER I  TAHUN PELAJARAN 2009/2010.”adalah hasil karya saya. Pada karya  ilmiah ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang saya akui sebagai tulisan saya sendiri, dan atau keseluruhan tulisan yang saya salin atau saya ambil dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan penulis dari sumber aslinya. Semua isi dari karya ilmiah ini menjadi tanggung jawab Saya sebagai Penulis.

 

Sukoharjo , 30 Januari 2010

 

 

Petrus Chanel Mulyono,SPd.

 


KATA PENGANTAR

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGGUNAKAN PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MELALUI METODE  PARTISIPATIF DI KELAS VII B  SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO SEMESTER I  TAHUN PELAJARAN 2009/2010.” dapat terselesaikan dengan baik.
Terselesaikannya penulisan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima kasih  kepada :
1.      Bapak Drs.Suwarto selaku kepala SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo yang telah memberikan motivasi dan dukungan .
2.      Seluruh staf guru dan karyawan yang telah membantu penulis.
3.      Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Semoga laporan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan guru-guru pada khususnya.

 

Sukoharjo , 30 Januari 2010

 


Petrus Chanel Mulyono,SPd.

 


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ....................................................................................       i    
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................      ii
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.......................................     iii
KATA PENGANTAR ...................................................................................           iv
DAFTAR ISI ................................................................................................      v
DAFTAR TABEL .........................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.....................................................................................   viii
BAB I      PENDAHULUAN........................................................................      1    
A.    Latar Belakang Masalah .........................................................      1    
B.     Identifikasi Masalah ...............................................................      5
C.     Pembatasan Masalah................................................................      5
D.    Rumusan Masalah ...................................................................      6
E.     Tujuan Penelitian ....................................................................      6
F.      Manfaat penelitian ..................................................................      6
BAB II     KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS..................      8
A.    Kajian Teori.............................................................................      8
1.      Prestasi  Belajar  ...............................................................      8
2.      Pembelajaran Matematika di Sekolah................................    16
3.      Perbandingan  ...................................................................    19
4.      Metode Partisipatif  ..........................................................    22
B.     Kerangka Pemikiran ...............................................................    24
C.     Hipotesis Penelitian.................................................................    25
BAB III   METODOLOGI  PENELITIAN..................................................    26
                 A. Setting Penelitian .....................................................................    26
B. Subjek Penelitian .....................................................................    29
C. Sumber Data ............................................................................    30
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data........................................    31
E.  Analisis Data............................................................................    33
F.  Keabsahan  Data......................................................................    34
G.  Indikator Kinerja.....................................................................    36
H. Prosedur Penelitian ..................................................................    37
BAB IV   HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.........................    41
A.    Deskripsi Kondisi Awal.........................................................    41
B.     Deskripsi Siklus I....................................................................    43
C.     Deskripsi Siklus II..................................................................    47
D.    Deskripsi Tiap Siklus dan Antar Siklus..................................    51
BAB V     PENUTUP ....................................................................................    53
A.    Simpulan.................................................................................    53
B.     Implikasi.................................................................................    54
C.     Saran.......................................................................................    55

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................    56
LAMPIRAN..................................................................................................    61



 DAFTAR TABEL


Tabel 3.1.    Alokasi  Waktu Penelitian Tindakan Kelas................................    27
Tabel 3.2.    Indikator Keberhasilan Penelitian...............................................    37
Tabel 4.1.    Hasil Penilaian Kondisi Awal.....................................................    42
Tabel 4.2.    Hasil Penilaian Siklus I...............................................................    46
Tabel 4.3.    Hasil Penilaian Siklus II..............................................................    50















DAFTAR GAMBAR